Tuesday, September 1, 2009

Aplikasi CRM yang Customizable

CRM atau Customer Relationship Management, bukanlah soal teknologi atau software yang Anda implementasikan di perusahaan Anda (meskipun masih banyak yang beranggapan demikian). CRM adalah sebuah strategi, sebuah cara, atau sebuah teknik. Sifatnya sangat variabel dan abstrak di masing-masing perusahaan.

Artinya, perusahaan yang sama-sama bergerak di bidang (misalnya) Finance, bisa jadi memiliki strategi CRM yang berbeda satu sama lain, walaupun tetap memiliki dasar-dasar yang hampir sama.

Itulah sebabnya, sebelum perusahaan atau organisasi Anda mengimplementasikan program aplikasi CRM, satu pertanyaan yang perlu ditanyakan adalah: "apakah aplikasi CRM ini sesuai dengan konsep Custmer Relationship Management di perusahaan saya?"

Jika sebuah software CRM dapat dikustomisasi, maka Anda akan mendapatkan fleksibilitas untuk menyesuaikan aplikasi tersebut dengan business flow Anda. Disisi lain, jika Anda merasa modul-modul yang terdapat dalam aplikasi CRM tersebut sudah cukup lengkap, atau malah melebihi ekspektasi Anda, maka tidak perlu lagi repot-repot melakukan kustomisasi.

VinnoCRM merupakan aplikasi software CRM yang dirancang khusus dengan modul-modul yang lengkap seperti Sales Force Automation, Marketing Automation, dan Customer Support. Selain menyediakan paket yang telah lengkap, VinnoCRM juga bisa dilakukan kustomisasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

No comments:

Post a Comment