Monday, September 7, 2009

Solusi CRM Indonesia untuk Aplikasi yang Lebih Affordable


Di Indonesia, belum
banyak perusahaan yang "melek CRM" sebagai teknologi sistem informasi yang dapat mendukung perkembangan bisnis. Jangan aneh banyak yang masih bingung mendengar kata CRM karena masih asing bagi mereka.

Beda dengan luar negeri, seperti Amerika Serikat misalnya. Vendor CRM yang ada
disana pun sangat banyak (silahkan di-Google keyword "software CRM" dan akan muncul banyak sekali vendor-vendor CRM luar negeri), sedangkan di Indonesia masih sangat sedikit vendor atau IT provider yang menyediakan layanan software CRM yang benar-benar memiliki kualitas bagus.

Kebanyakan aplikasi CRM yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia masih berasal dari software CRM buatan luar negeri. Sayang, harganya relatif masih cukup tinggi dan saya pikir itu hanya sanggup dibeli oleh perusahaan-perusahaan skala besar dengan budget belanja IT yang cukup besar.

Beberapa perusahaan lainnya lagi ada juga yang menggunakan aplikasi CRM gratis yang dapat didownload di Internet. Dalam batasan tertentu, fitur-fitur dari software CRM gratis ini memang bisa memadai, namun akan sulit ketika suatu saat nanti Anda membutuhkan kustomisasi.

VinnoCRM hadir untuk memberikan solusi layanan CRM Indonesia yang lebih affordable tanpa mengorbankan fitur-fitur dan fleksibilitas dalam kustomisasi. Sebagai software CRM yang Integrated dan Customized, artinya VinnoCRM merupakan package software yang sudah ready namun juga memberikan fleksibilitas jika Anda hendak melakukan kustomisasi sesuai dengan unique needs dari perusahaan Anda.

No comments:

Post a Comment